Senin, 26 Desember 2011

Sebuah Harapan Penjual Kerak Telor Taman Bungkul

Senin, 26 Desember 2011
EDAN ku kumat,,menyendiri di taman bungkul seharian, tanpa ada tujuan apa-apa,,eh, malah dapet suatu pelajaran hidup dari seorang "penjual kerak telor".

Jauh-jauh dari Garut (Jawa Barat) dateng ke Surabaya hanya untuk menjajakan "kerak telor" makanan khas orang betawi. Emang biasa sih, orang daerah dateng ke kota besar buat jualan buat usaha, tapi kalo diliat dari perkataannya, ni abang bener-bener seorang pekerja keras, dan yang utama adalah seorang AYAH YANG BAIK BAGI KELUARGANYA.
singkat cerita, sore-sore awan mendung trus anginnya kok gede sangat yak, yah, pertanda ujan ni, dan itu memang benar,ujan angin yang gede mengguyur kota Surabaya,,si abang penjual kerak telor (APKT) langsung sigap melindungi jualannya dari ujan (mepet-mepet ke warung yang ada saya-nya), ujan udah turun, ni APKT kok cuman ngluarin plastik kecil buat nutupin pikulannya???(waduh bang bang, basah semua lah jualannya). karna kasian ngliat jualannya keujanan (naluri peduli antar sesama muncul ^^v), gak pake lama mantel ujan yang ada di jok motor tak pinjemin ke abangnya. berhubung si APKT duduk satu meja sama saya, tanpa basa-basi saya mulai percakapan ni sama APKT. Nah, dari situlah beberapa "pelajaran" yang saya dapat dari APKT
sedikit pembicaraan saya dan abang penjual kerak telor (APKT)

saya : "bang,  asli endi?" (bingung aja di surabaya ada yang jual kerak telor)

APKT : "iya, kenapa mas?" (logat sunda)

saya : (mikir: wah mungkin gak bisa bahasa jawa ni abang) "asli mana bang".

APKT : "oh, saya perantauan mas, dari jawa barat".

saya : "jawa baratnya mana bang".

APKT : "Garut mas".

saya : "busseett, dari Garut kok bisa sampe sini bang?".

APKT : "yah, namanya juga cari rejeki mas".

saya : "kok nggak jual di Bandung bang?kan lebih deket sama Garut".

APKT : "di Bandung udah banyak yang jual mas. yah, Rejeki itu kan bisa dicari dimana aja mas, asalkan Halal".

saya :"wuih,,bener tu bang, asalkan Halal".

APKT : "iya mas, namanya kepala keluarga mas, tanggung jawabnya besar, apalagi saya udah punya anak 5. sekarang aja ibu (istri) sama anak yang paling kecil lagi sakit, mau ngirim duit buat berobat nggak ada, kalo ada juga percuma, saya nggak bisa ngirim".

saya : "lho, kenapa gak bisa ngirim bang??"

APKT : "iya, biasanya saya nitip duit sama temen kalo ada yang pulang ke Garut, sekarang temen saya udah pulang semua, jadi nggak bisa ngirim".

saya : "lhoh, emang jarang pulang ya bang??abang udah berapa lama di Surabaya??".

APKT : "baru 10 bulan mas di Surabaya, kalo pulang mah emang jarang mas, mau pulang juga percuma, belum punya duit mas".

saya : "trus kalo jarang pulang gitu anaknya abang gimana??".

APKT : "ya gimana lagi ya mas, namanya juga nyari duit buat makan anak istri, apalagi anak saya yang paling gede udah masuk SMP. yah, Alhamdulillah kalo bisa sampe SMA mas, soalnya lulusan SMA bisa nyari kerja yang lumayan mas, yah, biar nggak kayak bapaknya yang cuman lulusan SD mas, cuman bisa kerja yang berat-berat".

saya : "ya, syukur-syukur kalo ada rejeki bisa sampe kuliah bang, hehe".

APKT : "wah, kalo itu bener-bener bersyukur mas kalo anak saya bisa kuliah".

saya : "ya abang juga harus terus semangat bang kerjanya".

APKT : "harus itu mas, mau panas mau ujan gede kayak gini harus tetep semangat mas kerjanya, yah, paling nggak buat masa depan anak-anak saya yang lebih baik lebih bagus daripada bapaknya mas".

saya : "amien, bang".

itulah sepenggal percakapan saya sama si APKT alias abang penjual kerak telor,wkwkwk
salut deh buat si abang, semoga harapan dan keinginan abang penjual kerak telor bisa terwujud, AMIEN.

foto dari TKP =>
#maaf, foto cuma dari hape karna saya nggak punya uang buat beli kamera yang bagus dan mahal

si abang penjual kerak telor (maaf kalo fotonya dari belakang, si abangnya gak mau difoto dari depan, malah si abang bilang "jangan mas, saya jelek" (*whaattt!!!!!!,,,,,saya juga jelek kok bang,,wkkwkkwwk)

nih, bentuk dari kerak telor, kalo mau tau rasanya beli sendiri ya,,, ^^v


sekedar info aja, kalo mau beli kerak telornya si abang, bro and sista langsung aja ke sebelah timur taman bungkul (depannya RS TNI AU), biasanya deket gerbang masuk taman bungkul nya.

6 komentar:

  1. itu pasti mangkal di situ yah abang nya? trus brapa duit nih gan?
    pengeeeennnn

    BalasHapus
  2. Itu pagi malem ada terus ta gan?

    BalasHapus
  3. Samapai sekarang ya msh jualannya

    BalasHapus
  4. angel bro cari kerak telor disini aku keliling surabaya gk nemu nemu pengen makan kerak telor

    BalasHapus